WELCOME TO MY PSYCHOLOGY

Selamat datang di blog psikologiku-dunia psikologi... semoga bermanfaat

Selasa, 17 Januari 2012

MENTAL POWER; Sebagai persiapan menghadapi ujian nasional (UN)


Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna bila dibandingkan dengan makhluk-makhluk Tuhan yang lain. Dalam pandangan ilmu psikologi, manusia dikenal sebagai makhluk biopsikososial-spiritual. Yaitu makhluk yang terbentuk atas 4 (empat) hal; biologis, psikologis, sosial dan spiritual.
Ke-empat hal inilah yang akan mempengaruhi kehidupan manusia. Jika keadaan jiwa atau psikis seseorang kurang baik, maka keadaan jiwa yang kurang baik tersebut akan mempengaruhi aktualisasi dari kehidupannya. Demikian halnya jika keadaan jiwa atau psikisnya baik, maka aktualitas dari kehidupannya pun akan baik. Sehingga untuk mendapatkan manusia paripurna (insan kamil) diperlukan adanya keselarasan dari ke-empat komponen tersebut. Tidak terkecuali Pelajar sebagai salah satu bagian dari manusia pada umumnya.
Bagi seorang pelajar tugas-tugas sekolah, peraturan-perauran dan ujian-ujian yang ada disekolah ini terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi mereka. Terlebih lagi jika ujian yang dihadapinya adalah ujian penentu LULUS atau TIDAK nya seseorang, maka dia akan menjadi lebih cemas dan takut untuk menghadapinya.
Kecemasan-kecemasan dan atau ketakutan-ketakutan yang dirasakan oleh para pelajar ini perlu diwaspadai, karena kecemasan dan ketakutan tersebut jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi boomerang yang mematikan baginya.
Santoso (2007) mengatakan jika seseorang selalu memikirkan ketakutan dan kecemasan maka semua ketakutan dan kecemasan yang dia pikirkan tersebut akan tertarik masuk kedalam kehidupannya dan Dia menjadi orang yang hidup dengan penuh ketakutan dan kekhwatiran sebagaimana yang dia pikirkan. Jika seseorang selalu memikirkan kebahagian dan keberhasilan maka segala bentuk kebahagiaan dan keberhasilan yang dia pikirkan tersebut akan tertarik masuk ke dalam kehidupannya sehingga dia menjadi orang yang hidup dengan penuh kebahagiaan dan keberhasilan.
Permasalahan seperti diatas inilah yang sering dihadapi oleh pelajar ketika akan menghadapi UN. Karena untuk menghadapi UN ini ada tiga hal yang harus disiapkan oleh siswa, yaitu persiapan akademis, mental, dan spiritual. Persiapan akademis sudah banyak dilakukan melalui try out dan pendalaman materi UN di sekolah namun untuk mental dan spiritual masih sangat minim untuk dilakukan.
Menjelang ujian biasanya banyak siswa-siswa yang mengaku mengalami stress, takut, was-was, dan gangguan-gangguan psikologis lainnya. Terlebih lagi mengingat pada ujian Nasional tahun ajaran 2010/2011 yang lalu angka kelulusan MA di Surakarta menempati peringkat terendah setelah SMA dan SMK.
Tahun 2011dari total peserta UN SMA dan sederajat, menurut Sekretaris II Panitia Ujian Nasional (UN) 2011 Kota Solo, Budi Setiono, tingkat kelulusan siswa SMK mencapai 99,81%. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan angka kelulusan peserta SMA sebesar 97,99% serta kelulusan siswa MA yang tercatat 97,66% (Solopos.minggu 15/5).
Sehingga hal ini perlu diperhatikan oleh guru terlebih lagi guru BK. Untuk mengatasi semua ini kiranya perlu dibangun mental power pada diri siswa.Mental power ini menurut Hamzehloui (2011) ini sangat penting untuk keberhasilan seseorang dalam kehidupannya. Menurutnya untuk menumbuhkan mental power ini ada 8 langkah yang harus dilakukan:
1.      Lupakan masalalu yang bersifat negatif.
2.      Jangan pernah berpikir negatif
3.      Fokus pada masa depan dan semua hal yang diinginkan
4.      Menvisualisasikan segala yang diinginkan dalam realita kehidupan
5.      Jangan percaya dengan istilah kegagalan yang ada hanyalah; ingat menang atau belajar tidak ada kegagalan.
6.      Fleksibel dalam hidup jangan takut untuk mencoba.
7.      Yakin bahwa kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan
8.      Positive thingking

Upaya mempersiapkan mental ini menurut Susilowati (2008) diupayakan dengan cara berpikir positif, memiliki motivasi tinggi, percaya diri dan mampu mengendalikan emosi.
 Apabila setiap siswa bisa melakukannya maka ini akan sangat membantunya ketika menghadapi ujian akhir nasional.

1 komentar:

psikologiku mengatakan...

OKEY GOOD....I LIKE IT